Sex pada usia lanjut.

Banyak orang mengatakan bahwa tidak boleh sering malakukan ML pada usi lanjut artinya diatas 65 thn.  akibatnya banyak yang menikmatinya hanya 1x per bulan.Sebenarnya berapa kali pun seminggu bisa saja. Bahkan ada orang tua yang melakukan hubungan seks hampir tiap hari. Tidak apa apa. Dulu diduga orang bahwa dalam cairan sperma banyak nutrisi yang bernilai utk tubuh. kalau terlalu banyak  dikeluarkan akan menimbulkan penyakit atau kelemahan lain pada tubuh. Sesudah diteliti, tidak ada unsur yang bermakna dalam cairan sperma. Jadi nikmati saja sampai akhir hayat. Penting jaga kesehatan.

namun pada usia lanjut, banyak sekali orang yang mengalami gangguan seks. Pria maupun wanita. Sebagian besar tidak berobat atau berkonsultasi. akibatnya suami maupun istri menderita selama sisa hidupnya. Pada hal seks yang normal pada usia tua jauh lebih memberikan kenikmatan dan kebahagiaan. Seolah kembali menjadi muda. Pangalaman sudah banyak. Saat melakukan ML jauh lebih santai. Syarat utama ialah masih sama-sama mau. Cinta sama cinta. Dan yang penting lagi ialah tidak ada penyakit yang serius.
Seorang pria 72 thn datang berobat karena 3 bulan terakhir mengalami Disfungsi Ereksi. Enam bulan yang lalu ereksi masih kuat dan bisa berganti posisi, suami diatas, kadang dibawah, belakang dan macam-macam lagi. Istri bisa orgasme beberapa kali. Mereka sangat bahagia. Tetapi secara bertahap ereksi menurun. Terakhir 3 bulan yang lalu, mereka ML, awalnya masih keras, tapi mau penetrasi ereksi lembek. Lalu dirangsang lagi dan ereksi lagi. Sesudah didalam ereksi menjadi lembek. Istri kecewa dan  membalikkan badan suami kesamping. Marah. Suami minta maaf. "maaf beribu kali maaf” lalu menyembah istri. 
Dalam pemeriksaan ternyata  ada sedikit kelainan di liver. Juga hormon turun sehingga pasti ereksi tidak bisa keran dan kalau satu waktu keras, tidak stabil. Robah posisi ereksi bisa lemah. Mau penetrasi bisa lembek. Sesudah diobati, ereksi normal lagi. kembali seperti sebelumnya, bisa keras dan bisa robah posisi beberapa kali. 3 bulan kemudian, datang lagi karena ereksi turun lagi. Diteliti, tidak ada kelainan. Ternyata suami masih kerja penuh urus perusahaannya. Malamnya dia sering menonton bola via TV sampai jam 2 pagi. Sesudahnya mau tidur. istri bangun mau ML. Ereksi tidak bisa keras. Pola hidupnya tidak cocok. Sebaiknya usia diatas 65 tahun tidak menonton bola via TV sampai jam 2 pagi. Tentu ereksi akan lembek. Tidak bisa kurang tidur. Sesudah tidak nonton bola di TV, dan diberi sedikit obat pembuat ereksi, kembali normal. Mereka senang bisa ML sekali 4-5 hari. Rasanya seperti pengantin baru.
KESIMPULAN:
Seks bisa dinikmati sampai umur 70 tahun atau 80 tahun. Yang penting jaga kesehatan, dan pola hidup disesuaikan dengan kekuatan tubuh. Tidak bisa sembarangan lagi. 
Karena badan sudah tidak kuat seperti orang muda, sekali sekali pasti ereksi bisa gagal. Tetapi semua bisa diperbaiki. Jangan biarkan diri dan istri kosong tanpa seks. Nikmati hidup pada usia lanjut. Selamat.