Micropenis pada anak makin meningkat belakangan ini. Bila tidak berobat, maka sampai dewasa penis akan tetap kecil sehingga sulit dalam perkawinan. Ukuran penis tetap kecil.
Akibat:
Pria:
1. Rasa percaya diri kurang, tidak yakin pasangan puas.
2. Perasaan tidak enak karena melihat penisnya sendiri kecil.
Wanita:
1. Tidak ada rasa waktu berhubungan.
2. Tidak enak memegangnya. Semua wanita merasa enak memegang penis suami. Makin besar ukurannya dan keras, makin menggairahkan memegangnya. langsung bertambah gairah lagi.
3. Keinginan seks ekapada suami jadi berkurang. Sudah terbayang tidak puas sehingga sering menolak kalau diajak.
Bisakah Micropenis dewasa dibesarkan? Tidak bisa lagi. Kalau sudah mengalami proses pubertas, penis tidak berkembang lagi.  Tidak peka terhadap obat. Dan tidak ada obat yang bisa mengjasilkan pertambahan ukuran. kalau ada obat yang ditawarkan yang katanya bisa membesarkan penis dewasa, sudah pasti bohong.
JALAN KELUAR:
Satu satunya jalan keluar, terapi sebelum pubertas. Apa lagi susah disunat, segera bawa berobat.
Obat sekarang: dengan kapsul dan zalf (cream). Dalam 3 hari sudah mulai tumbuh.
EFEK SAMPING?
Tidak ada. Pengobatan hanya menambah hormon Testosteron yang kurang karena gemuk atau obesitas. Sekarang ini lebih dari 90% karena obesitas atau kegemukan.
Pada anak normal, konsentrasi Testosteron = 0,030-0,68ng/dl. Umumnya pada anak dengan Micropenis= <0,0,25 ng/dl. Akibatnya penis tidak berkembang.Kalau Testosteron tidak ditambah berupa obat kapsul dan cream, penis tidak akan berkembang.
Pengobatan dilakukan sebelum 11 tahun. Sebagian anak pada umur 12 sudah mengalami pubertas sehingga terlambat. Dengan dua kali pengobatan sudah tercapai ukuran penis maksimum.